Homeschooling Bandung

10 Perbedaan Homeschooling Bandung dengan Sekolah Formal

homeschooling bandung

Bagi para orangtua di Bandung yang sedang memilih sekolah terbaik untuk buat hati, sudahkah mempertimbangkan layanan homeschooling Bandung? Homeschooling merupakan salah satu metode pendidikan non formal yang kini banyak dipilih oleh orangtua. Sebab memiliki banyak sekali kelebihan dibanding pendidikan formal.

Namun, sebelum menjadikannya sebagai pilihan penting untuk memahami apa itu homeschooling. Berikut informasinya.

Apa Itu Homeschooling?

Homeschooling adalah jenis pendidikan atau sekolah yang sifatnya dilakukan di rumah, artinya anak mendapatkan akses pendidikan dari rumah sendiri sebab guru yang akan datang ke rumah untuk mengajar. Sementara di pendidikan formal, biasanya siswa yang harus datang ke sekolah dan bertemu guru dan teman-teman di ruang kelas.

Model pembelajaran satu ini sudah ada sejak lama, dan di Indonesia sendiri mulai dikenal di tahun 1920-an ketika masih berada di bawah kepemimpinan negara Belanda. Awalnya, layanan homeschooling diselenggarakan perorangan dan seiring berjalannya waktu kemudian diselenggarakan lembaga pendidikan yang legalitasnya jelas.

Saat ini, para orangtua tidak akan menghadapi kendala dalam menemukan penyelenggara homeschooling di Bandung. Sebab jumlahnya semakin banyak dan bisa memilih yang terbaik dari yang terbaik. Sehingga anak mendapatkan guru terbaik dengan metode pembelajaran terbaik juga.

Perbedaan Homeschooling dengan Sekolah Konvensional

Setelah mengetahui apa itu homeschooling, maka wajib mengetahui juga perbedaannya dengan sekolah konvensional. Sehingga perbedaan ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih apakah menggunakan layanan homeschooling atau pendidikan formal yang sifatnya konvensional. Adapun detail perbedaannya adalah:

  1. Materi Pembelajaran

Perbedaan yang pertama terletak pada materi pembelajaran, dimana pendidikan formal di sekolah-sekolah mengikuti kebijakan yang ditetapkan pemerintah. Sehingga materi pembelajaran harus mengikuti aturan yang ada, suka tidak suka, maupun mampu tidak mampu anak menguasainya.

Sementara di homeschooling materi pembelajaran bisa dikatakan fleksibel, bahkan sangat fleksibel. Kenapa? Sebab bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak. Misalnya anak lebih menyukai mata pelajaran Biologi, maka orangtua bisa meminta guru memperbanyak mata pelajaran tersebut agar keterampilannya terasah di satu bidang.

  1. Lingkungan Tempat Belajar

Perbedaan yang kedua adalah dari aspek lingkungan tempat belajar. Pada sekolah formal, lingkungan belajar adalah di sekolah yang dibuat sedemikian rupa agar mendukung kegiatan belajar anak. Fasilitas yang tersedia untuk mendukung pembelajaran seluruh siswa yang orangtua tidak ada kontrol disana.

Sementara di homeschooling, orangtua mampu mengontrol lingkungan belajar anak agar aman dan tenang. Sebab pembelajaran dilakukan di rumah maupun di tempat tertentu yang disepakati. Bagi orangtua yang tidak ingin anaknya salah pergaulan di sekolah, pemilihan homeschooling bisa dijadikan prioritas.

  1. Perhatian yang Didapatkan Anak

Perbedaan berikutnya antara sekolah formal dengan layanan homeschooling Bandung adalah dari perhatian yang didapatkan anak. Pada sekolah formal, satu guru harus membagi perhatian ke beberapa anak. Bahkan di sekolah negeri, satu guru harus memperhatikan puluhan anak.

Sehingga guru harus bisa menjelaskan materi dengan metode yang tepat agar bisa dipahami seluruh siswa dengan karakter masing-masing. Lain halnya dengan homeschooling yang membuat satu guru hanya mengajar satu siswa. Sehingga bisa fokus dan bisa memaksimalkan pemahaman siswa tersebut.

  1. Kesehatan dan Keamanan Anak

Selanjutnya adalah dari aspek kesehatan dan keamanan anak, dimana antara sekolah formal dengan homeschooling berbeda jauh. Kondisi sanitasi dan kesehatan di lingkungan sekolah tidak bisa dikontrol orangtua. Sehingga banyak yang was-was melepas anaknya masuk sekolah, terutama di masa pandemi.

Lain halnya dengan homeschooling yang bisa dengan mudah dijamin lingkungan belajar aman dan sehat. Sebab bisa membersihkan ruangan dan seluruh perabotan di dalamnya secara detail. Sehingga ruangan belajar dijamin aman bagi kesehatan anak maupun guru yang mengajar homeschooling.

  1. Perkembangan Sosial Anak

Berikutnya adalah dari perkembangan sosial anak, dimana sekolah formal lebih unggul karena anak akan bertemu banyak teman sebaya. Sementara saat menjalani homeschooling di Bandung, maka hanya akan bertemu keluarga dan saudara sendiri. Anak cenderung kurang mengeksplorasi kemampuannya bersosialisasi.

  1. Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan antara homeschooling dengan sekolah formal juga berbeda. Sekolah formal  menetapkan biaya berbentuk paket, bisa dalam bentuk uang pangkal sampai SPP bulanan. Meskipun fasilitas di sekolah tidak dipakai biaya tidak akan berkurang. Sementara di homeschooling bisa disesuaikan dengan anggaran orangtua, sehingga fasilitasnya sesuai kebutuhan anak dan kemampuan orangtua.

  1. Fleksibilitas

Homeschooling menawarkan fleksibilitas yang tinggi karena mencakup materi belajar, waktu belajar, durasi belajar, dan lain sebagainya bisa ditentukan sendiri. Sementara di sekolah formal segala hal ditentukan oleh pemerintah sehingga guru dan siswa wajib menerapkan aturan tersebut tanpa terkecuali dan tanpa tapi.

  1. Peran Orangtua

Berikutnya adalah dari peran orangtua, dimana lewat layanan homeschooling Terbaik di Bandung maka peran orangtua lebih besar. Pasalnya orangtua bisa ikut terlibat dalam proses pembelajaran dan mendampingi anak sampai jam belajar selesai. Sementara di sekolah formal, orangtua tidak bisa ikut campur dengan proses pembelajaran.

  1. Fasilitas Pembelajaran

Perbedaan selanjutnya adalah dari fasilitas pembelajaran yang di sekolah formal memang lebih lengkap. Sebab sekolah memiliki dana operasional khusus yang digunakan untuk membeli sejumlah peralatan dan perlengkapan pendidikan. Sedangkan untuk homeschooling sebaliknya.

Fasilitas pembelajaran lebih terbatas karena memang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Selain itu sifatnya juga fleksibel, dimana orangtua bisa memilih harus menyediakan fasilitas tersebut atau sebaliknya. Sehingga pembelajarannya lebih sederhana namun tetap mampu memberi ilmu berkualitas ke anak.

  1. Ijazah yang Diterima Anak

Terakhir adalah dari ijazah, pada pendidikan formal setiap sekolah akan menerbitkan ijazah kepada siswa yang berhasil lulus ujian. Saat ini lewat Ujian Nasional dengan tes tertulis untuk mata pelajaran tertentu. Sementara di homeschooling siswa tidak serta merta mendapatkan ijazah.

Melainkan harus bergabung atau masuk dulu ke Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Sehingga ijazah yang didapatkan adalah ijazah kejar paket, seperti kejar paket A (Sekolah Dasar), B (Sekolah Menengah Pertama), dan juga C (Sekolah Menengah Atas). Ijazah ini kemudian setara dan juga diakui. Sehingga ijazah kejar paket C siswa bisa digunakan masuk ke perguruan tinggi.

Mana yang Lebih Baik untuk Diambil?

Pada dasarnya pendidikan konvensional ke sekolah formal maupun homeschooling sama bagusnya. Sebab tujuannya adalah sama, yakni memberikan pendidikan berkualitas kepada anak untuk menjamin masa depannya yang baik. Hanya saja setiap masyarakat harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan atau standar dalam memilih metode pendidikan.

Ada baiknya disesuaikan dengan karakter dan juga kebutuhan si anak, karena yang menjalani pendidikan tersebut adalah anak itu sendiri. Jadi, silahkan dicari tahu metode pendidikan mana yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anak. Sehingga tidak keliru dalam menentukan pilihan dan anak bisa berkembang dengan ilmu pengetahuan yang mumpuni.

Apabila lebih mengutamakan homeschooling karena proses pembelajaran sampai pergaulan anak lebih terkontrol. Termasuk juga dengan biaya yang bisa dengan mudah dikontrol sesuai anggaran. Ada baiknya memilih lembaga penyelenggara homeschooling Bandung terpercaya. Dapatkan informasinya dengan menghubungi kontak berikut 0896-5331-2998.

Share on email
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *