Apa Itu Homeschooling

Apa Itu Homeschooling? Berikut Penjelasan Lengkapnya

apa itu homeschoolingMemahami apa itu homeschooling tentu penting bagi para orangtua yang ingin menggunakan metode pendidikan tersebut kepada buah hati. Homeschooling termasuk metode pendidikan informal yang diakui di Indonesia. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh metode pendidikan ini. Namun, sebelum menjadikannya pilihan ada baiknya mengenal luar dalam dari metode homeschooling.

Apa Itu Homeschooling?

Bagi beberapa orang, homeschooling merupakan metode pendidikan yang belum terlalu familiar. Khususnya bagi masyarakat di daerah atau pedesaan yang lebih dekat dengan pendidikan formal. Pendidikan homeschooling lebih dikenal masyarakat di perkotaan, dan kabarnya beberapa tahun ini menjadi primadona orangtua.

Jadi, apa itu homeschooling? Sehingga membuatnya menjadi metode pendidikan yang dijadikan pilihan masyarakat masa kini? Homeschooling adalah metode pendidikan yang proses belajar mengajarnya dilakukan di rumah siswa, sehingga guru datang ke rumah siswa untuk mengajar secara privat.

Dikatakan privat karena pada umumnya di homeschooling satu orang guru akan mengajar satu orang siswa saja. Adapun untuk waktu dan durasi biasanya disesuaikan dengan permintaan orangtua maupun dengan kebutuhan anak selaku siswa. Sedangkan untuk materi pembelajaran sifatnya juga menyesuaikan kebutuhan anak.

Fleksibilitas ini yang membuat orangtua lebih menyukai metode homeschooling karena bisa memberi dampingan kemudian memastikan suasana pembelajaran lebih kondusif. Yakni menciptakan tempat pembelajaran yang nyaman dan tenang, kemudian menyediakan fasilitas pendidikan yang memang sesuai dengan kebutuhan buah hati.

Selanjutnya, sebagai bagian dari pembahasan mengenai apa itu homeschooling adalah memahami jenis-jenisnya. Jadi, homeschooling ternyata terbagi menjadi beberapa jenis dilihat dari aspek metode pembelajaran yang diterapkan. Berikut jenis-jenis yang dimaksudkan:

1. Homeschooling Tunggal

Jenis yang pertama adalah homeschooling tunggal, yaitu homeschooling yang hanya melibatkan orangtua dengan anak dimana orangtua mengajak anaknya sendiri. Metode ini termasuk pendidikan non formal, karena memang tidak melibatkan lembaga penyelenggara pendidikan.

Dalam penerapannya, orangtua akan mengajari anak secara langsung di rumah menggunakan berbagai media pembelajaran yang mendukung. Saat ini, orangtua kebanyakan menggunakan media pembelajaran online misalnya video edukasi di berbagai laman berbagi video.

2. Homeschooling Majemuk

Jenis yang kedua adalah homeschooling majemuk, yakni metode homeschooling yang melibatkan dua keluarga atau lebih yang anak-anaknya memiliki kesamaan minat, bakat, dan begitu juga dengan orangtuanya. Metode ini juga banyak dipilih untuk menumbuhkan semangat kompetisi dalam belajar agar anak-anak semangat belajar dan menorehkan prestasi terbaik.

3. Homeschooling Komunitas

Terakhir adalah homeschooling komunitas, yakni homeschooling yang berisi gabungan beberapa homeschooling majemuk. Jenis ini biasanya dikelola oleh lembaga penyelenggara pendidikan non formal resmi dan sudah mendapatkan izin dari pemerintah atau Kemendikbud.

Setiap orangtua bisa memilih jenis homeschooling mana yang akan diberikan kepada anak. Namun ada baiknya mengajak anak untuk ikut serta dalam menentukan pilihan. Sehingga anak menyukai pembelajaran yang akan dijalankan dan menikmati prosesnya dari awal sampai akhir. Jika terjadi maka akan cenderung lebih berprestasi.

Alasan Memilih Metode Homeschooling

Sebagai bahan pertimbangan tambahan, selain memahami apa itu homeschooling juga perlu mengetahui berbagai alasan yang membuat metode pendidikan ini tepat untuk dipilih. Alasannya secara umum adalah sebagai berikut:

1. Ingin Memberikan Pendidikan Privat Berkualitas

Alasan pertama adalah untuk memenuhi keinginan orangtua yang ingin memberikan pendidikan privat dengan kualitas yang baik. Tidak harus mengajari anak sendiri, bisa menjadi bagian dari lembaga penyelenggara homeschooling profesional. Kemudian dipilih dengan seksama untuk memastikan anak dididik pihak yang tepat.

2. Menjamin Keamanan Anak dalam Belajar

Pernahkah merasa khawatir anak berada di lingkungan sekolah yang tidak aman, misalnya lingkungan yang akrab dengan tindakan bullying? Jika iya, maka ada baiknya memberikan pembelajaran homeschooling kepada buah hati. Sebab sistem pembelajaran privat dan dilakukan di rumah, sehingga kondisi lingkungan aman terkendali.

3. Menghabiskan Waktu Lebih Banyak dengan Anak

Alasan berikutnya kenapa belajar tentang apa itu homeschooling penting bagi orangtua adalah ketika ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak. Sebab jika anak di sekolah formal maka nyaris seharian akan berada di sekolah. Orangtua hanya akan bertemu anak sebentar. Hal sebaliknya terjadi jika memilih homeschooling.

Jadi. jika mempertimbangkan keinginan untuk punya waktu lebih banyak dengan anak. Metode pendidikan ini bisa dijadikan pilihan karena bisa jadi anak 24 jam berada di rumah. Orangtua bisa selalu berada di samping anak mendukung dan mendampingi kegiatan belajarnya.

4. Bebas dari Jadwal Sekolah yang Ketat

Ada kalanya orangtua merasa tidak tega jika buah hatinya berada di sistem pendidikan yang terlalu ketat dan kaku. Mulai dari kewajiban ke sekolah pagi-pagi, menghafalkan materi, membuat tugas, dan seterusnya. Sehingga lebih nyaman anak  belajar dengan kondisi yang fleksibel. Jawaban dari kegelisahan ini tentu saja memberikan anak homeschooling.

5. Mendukung Anak yang Berkebutuhan Khusus

Homeschooling juga sangat cocok dipilih oleh orangtua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus. Baik itu karena anak mengalami disabilitas secara fisik maupun yang lainnya. Sebab metode ini memberikan kegiatan belajar yang fleksibel dan cenderung santai agar anak menikmati proses belajar.

6. Jawaban Jika Kurang Puas dengan Kurikulum Sekolah

Pernah merasa kurang puas dengan kurikulum sekolah formal? Jika iya, maka bisa mempertimbangkan homeschooling. Sebab metode pendidikan ini memiliki metode pembelajaran yang unik, kreatif, dan menarik sekaligus menyenangkan. Bahkan disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan anak.

Dengan berbagai alasan tersebut, maka memahami apa itu homeschooling sangatlah penting. Sehingga bisa mengetahui apa saja kelebihan yang ditawarkan dan bagaimana memilih homeschooling terbaik, khususnya dari lembaga penyelenggara pendidikan. Tujuannya tentu saja memberikan pendidikan terbaik bagi buah hati agar masa depannya cerah.

Butuh info Homeschooling di Bandung? Silahkan hubungi 0813-7247-8655

Share on email
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *