Sekolah Homeschooling

Pengertian Sekolah Homeschooling dan Tips Memulainya

Sekolah HomeschoolingSeiring perkembangannya, nyatanya sekolah homeschooling kini sudah semakin populer. Namun sayangnya, banyak yang belum paham sebenarnya apa homeschooling itu sendiri. Tak sedikit orang yang menganggap bahwa homeschooling itu merupakan nama lembaga. Kesalahpahaman tersebut memang cukup berdasar pasalnya saat ini banyak lembaga bimbingan belajar ataupun lembaga kursus yang menggunakan nama Homeschooling Ini, Homeschooling Itu, atau lainnya. Dan kebanyakan lembaga-lembaga tersebut juga cukup mahal.

Hal inilah yang akhirnya memunculkan pemahaman bagi sebagian orang bahwa homeschooling merupakan sejenis sekolah gaya baru. Lantas sebenarnya apa itu homeschooling, karakteristiknya seperti apa, adakah jenis dan metode yang digunakan, serta bagaimana bila ingin memulai penerapan sekolah homeschooling tersebut. Hal-hal tersebut yang akan dibahas kali ini.

Mengenal Pengertian Sekolah Homeschooling

Untuk lebih memahami apa itu homeschooling sebenarnya bisa dengan membaca sejarah kemunculan gerakan homeschooling itu sendiri. Namun, hal ini tentu juga akan membutuhkan pembahasan yang panjang. Sederhananya, homeschooling merupakan sebutan untuk salah satu jenis proses belajar. Berasal dari kata “home” yang berarti keluarga sehingga homeschooling bisa diartikan sebagai sekolah yang berbasis keluarga. Ada juga yang menggunakan istilah lain yaitu home education ataupun home based learning, ataupun sekolah mandiri.

Pada penerapannya, sekolah homeschooling ini dilakukan dengan menyesuaikan pada kemampuan, potensi, serta kebutuhan anak. Sistem pembelajarannya pun harus dirancang sedemikian rupa supaya anak tetap merasa nyaman dan tidak merasa terbebani dalam belajar sehingga bisa mencapai hasil yang optimal.

Memahami Karakteristik Homeschooling

Perlu dicatat bahwa untuk menjadi praktisi homeschooling tidak perlu mendaftarkan anak ke lembaga pendidikan manapun baik formal maupun nonformal. Orientasi pendidikan ini lebih menekankan pada pembentukan karakter pribadi dan perkembangan potensi minat bakat anak secara alamiah sehingga pendekatan pembelajarannya pun lebih bersifat personal dan humanis. Dalam proses pembelajaran, orang tua homeschooler menjadi penanggung jawab utama terhadap jalannya pendidikan sehingga orang tua memegang peranan sebagai guru, fasilitator, motivator, teman diskusi, dan bahkan teman dialog.

Baca juga : Homeschooling Bandung

Bagaimana dengan guru atau tutor? Jasa guru atau tutor dalam konsep homeschooling hanyalah sebuah opsi dan berfungsi sebagai pendamping ataupun pengarah minat anak. Orang tua homeschooler bisa memilih untuk mendatangkan guru/tutor atau tidak sama sekali untuk anak mereka.

Jenis dan Metode Homeschooling

Ada beberapa jenis homeschooling yaitu homeschooling tunggal, homeschooling majemuk, dan komunitas homeschooling.

  1. Homeschooling tunggal, ini dilaksanakan oleh orang tua dalam satu keluarga.
  2. Homeschooling majemuk, ini dilaksanakan oleh dua atau lebih keluarga praktisi homeschooling namun hanya mencakup beberapa kegiatan tertentu dan bersifat sementara.
  3. Komunitas homeschooling, merupakan gabungan dari beberapa homeschooling majemuk yang biasanya diterapkan dalam penyusunan dan penentuan silabus, sarana dan prasarana belajar, bahan ajar, serta jadwal pembelajaran.

Selain jenisnya yang beragam, metode dan pendekatan yang diterapkan pada sekolah homeschooling pun cukup beragam, antara lain:

  • School at home di mana model pendidikannya sama dengan pendidikan yang dilaksanakan di sekolah pada umumnya.
  • United studies ini merupakan model pendidikan yang berbasis tema sehingga dalam proses belajarnya anak mempelajari melalui tema tertentu yang diaplikasikan dari beberapa mata pelajaran.
  • The living book approach merupakan model pendidikan melalui pengalaman nyata.
  • Waldorf ini pendekatan di mana berusaha menghadirkan setting sekolah yang mirip dengan rumah.
  • Classical yaitu metode pendidikan dengan kurikulum berstruktur yang didasarkan pada tiga tahapan perkembangan anak.
  • Electic merupakan model pendidikan yang memberikan kesempatan kepada keluarga praktisi homeschooling untuk merancang sendiri program yang sesuai dengan memilih ataupun menggabungkan sistem yang ada.
  • Montessori merupakan model pendidikan dengan mempersiapkan lingkungan yang alami sehingga anak bisa lebih berinteraksi dengan lingkungan.

Tentunya masing-masing orang yang ingin mengaplikasikan konsep homeschooling bisa memilih jenis, metode, dan pendekatan seperti apa yang ingin diterapkan dalam proses pembelajaran anaknya.

Tips Memulai Sekolah Homeschooling

Bila tertarik dengan ide dan konsep sekolah homeschooling dan ingin menerapkannya untuk keluarga maka sebaiknya baca beberapa tips berikut ini:

  • Jangan hanya ikut-ikutan trend. Pastikan memiliki visi pendidikan keluarga yang jelas, pahami tentang makna konsep dan risiko homeschooling, serta memiliki kesiapan untuk menjalani dalam jangka panjang. Gali lebih mendalam mengapa Anda menyukai konsep homeschooling dan tertarik untuk menerapkannya pada keluarga Anda.
  • Saat ingin menerapkan ide sekolah homeschooling maa pastikan memiliki pengetahuan yang cukup tentang konsep homeschooling, ketahui apa saja keterampilan yang dibutuhkan untuk menerapkan homeschooling, serta perkuat hubungan internal dalam keluarga.
  • Pelajari mengenai bagaimana caranya mengajar dengan konsep homeschooling. Ini bukan hanya soal jago matematika atau pelajaran lain tetapi yang lebih penting adalah bagaimana mentransfer ilmu dan pengetahuan dan membantu anak lebih memahami materi belajarnya.
  • Buatlah perencanaan keuangan dalam mendidik anak dengan homeschooling. Metode pendidikan ini memang terlihat murah namun nyatanya juga memerlukan perencanaan keuangan yang baik supaya keuangan keluarga tetap terjaga. Jangan sampai asal-asalan dalam mengeluarkan uang.
  • Persiapkan materi belajar, perangkat pembelajarannya, dan alokasi waktu belajar secara tepat. Hal ini penting untuk dilakukan supaya Anda bisa lebih mudah dalam mengatur waktu untuk menyampaikan materi belajarnya.

Selain itu, jangan ragu untuk berbagi serta bertanya dengan praktisi homeschooling tentang bagaimana proses homeschooling yang dijalankan. Bila tertarik untuk menerapkan homeschooling, Anda sebaiknya juga berkonsultasi dengan konsultan homeschooling profesional supaya Anda bisa mendapatkan informasi dan metode yang sesuai untuk diterapkan pada keluarga Anda. Silahkan hubungi ke kontak 0896-5331-2998 untuk sekedar bertanya ataupun berkonsultasi lebih mendalam terkait konsep sekolah homeschooling.

Share on email
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *